Survei SMRC: Anies Baswedan Kalahkan Suara Ridwan Kamil di Jabar

by -261 views
SMRC mencatat dukungan Ridwan Kamil di Jabar dikalahkan Anies Baswedan.
SMRC mencatat dukungan Ridwan Kamil di Jabar dikalahkan Anies Baswedan.

Jakarta, yogyanews.com — Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan dukungan suara kepada Ridwan Kamil (RK) di Jawa Barat dikalahkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Survei yang dilakukan SMRC pada Desember 2021 hingga Desember 2022 ini bertujuan untuk melihat tokoh yang dipilih masyarakat Jawa Barat sebagai presiden.

Berdasarkan data, RK menempati posisi ketiga dengan perolehan 20,2 persen pada Desember 2022. Angka itu mengalami kenaikan dari perolehannya pada Desember 2021, yakni 17,4 persen.

Sementara posisi pertama diduduki Anies dengan perolehan 22,5 persen pada Desember 2022 atau naik dari 16 persen suara di Desember 2021.

Disusul oleh Prabowo pada posisi kedua dengan perolehan 20,8 persen pada Desember 2022. Suara Prabowo mengalami penurunan dari Desember 2021, yaitu 34,5 persen.

“Antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil itu seimbang. Selisihnya 1-2 persen, tidak signifikan secara statistik. Ini mengindikasikan bahwa di Jawa Barat, pemilih itu terbelah,” ujar Pendiri SMRC, Saiful dalam siaran YouTube SMRC TV, Kamis (26/1).

Dari survei yang dilakukan, Saiful mengatakan posisi RK berpotensi menggerus perolehan suara untuk Prabowo dan Anies di Jawa Barat.

“Jadi nilai politik Ridwan Kamil itu di Jawa Barat ada. Setidak-tidaknya masuk tiga besar dalam persaingan Pilpres di Jawa Barat. Jawa Barat kemudian menjadi terbelah kalau Ridwan Kamil masuk. Atau setidak-tidaknya Ridwan Kamil kampanye untuk calon di luar Prabowo dan Anies. Itu juga bisa potensi akan menggerus suara Prabowo dan Anies. Minimal dia akan mendapatkan suara yang cukup mendekati dua calon tersebut,” jelas Saiful.

Menurut Saiful, Golkar berharap RK dapat menarik suara di pemilu legislatif maupun pilpres untuk partai berlambang beringin itu di Jawa Barat usai RK resmi bergabung sebagai kader.

Pernyataan senada pernah disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat konferensi pers bergabungnya RK sebagai kader, Rabu (18/1).

Airlangga mengatakan salah satu tugas yang diberikan kepada RK adalah untuk menggalang pemilih dan memenangkan pemilu.

RK juga telah menyampaikan kesanggupannya atas tugas memenangkan suara Golkar di Pemilu 2024, terutama di wilayah Jawa Barat.

Ia mengatakan salah satu strateginya adalah dengan bermodalkan media sosial. Ia pun menyinggung 30 juta followers atau pengikutnya di media sosial sebagai modal.

RK yakin banyak pengikutnya yang kemudian tertarik dengan program kerja partai Golkar.

“Saya posting sehari sekali atau dua hari sekali tentang Golkar, ada lah yang nyangkut-nyangkut, kan. Karena saya pasti menarasikannya dengan cara-cara yang lebih cerdas dan lebih persuasif, ya,” kata RK di Kantor DPP Partai Golkar, Rabu (18/1).

RK optimistis Golkar mampu memenangkan suara masyarakat di Jawa Barat. Ia juga menyatakan dirinya mengikuti segala keputusan Airlangga terkait tugas dan wewenangnya di Partai Golkar, Termasuk, menggaungkan narasi Airlangga sebagai capres yang diusung dari partai barunya itu.

Sementara, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan memprediksi suara Partai Golkar bakal terdongkrak karena RK di pemilu mendatang.

Menurut Djayadi, RK memiliki ketokohan di Jawa Barat dan tingkat nasional. Sehingga ketokohan nasional yang dimiliki RK bisa menjadi salah satu faktor penyumbang suara partai.

Ia menyebut RK akan menambal kelemahan Golkar saat ini, yakni ketokohan di tingkat nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *