Mainin Cincin di Alat Vital Akhirnya Tersangkut selama 2 Hari, Damkar pun Akhirnya Turun Tangan Pemuda di Bantul ini Malu Bukan Main.

by -414 views
ilustrasi
ilustrasi

Yogyanews.com, Bantul – Peristiwa cincin tersangkut di alat vital pria, bukanlah hal baru. Insiden yang membikin ngilu itu kali ini terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seorang pemuda warga Pundong, Bantul berusia 21 tahun akhirnya meminta pertolongan petugas pemadam kebakaran untuk melepas cincin yang sudah tersangkut selama dua hari.

Menurut Koordinator Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul M Khamdani, peristiwa itu bermula ketika Pusdalops BPBD mendapat telepon dari IGD RS PKU Muhammadiyah Bantul. Rumah sakit tersebut meminta bantuan untuk memotong cincin yang tersangkut di alat vital seorang pria.

“RS tidak punya alat yang memadai, maka kami pun membantu,” ujarnya, Sabtu (2/7/2022).

Ia pun meluncurkan personel dari peleton dua beserta gerinda mini untuk memotong cincin. Proses evakuasi pemotongan cincin yang tersangkut di alat vital pria itu berlangsung cukup lama.

Petugas membutuhkan waktu sekitar satu jam, karena cincin tersebut terbuat dari monel. Berbeda dengan besi atau emas yang lebih mudah dipotong, monel harus dipotong dua sisi karena sifatnya yang ulet.

Petugas memotong cincin itu dengan berhati-hati. Terlebih, pemuda Bantul itu tidak dibius sama sekali sehingga tetap sadar.

“Kalau dari pengakuannya, korban iseng memasang cincin di alat vital, tetapi akhirnya tersangkut tidak bisa lepas,” ucapnya.

Saat ini, petugas pemadam kebakaran Bantul memang sudah dibekali gerinda mini, mengingat banyak laporan kasus cincin tersangkut di jari. Ia mengimbau masyarakat untuk rutin melepas cincin yang dipasang di jari.

Biasanya, cincin tersangkut di jari karena tidak pernah dilepas selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, cincin harus dilepas secara berkala untuk menghindari kejadian itu.

“Khusus yang kemarin, jangan iseng, pakai cincin pada tempatnya,” tuturnya berpesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *